1. Kalau capek di lab pulang dulu sebentar tidur siang, tidur siang bagus untuk kesehatan otak.

2. Bacaan jurnal memang mengandung obat tidur 100ppm, sedangkan game, main Facebook, atau nonton youtube mengandung kafein 50ppm jd selingi baca jurnal sambil main game. Karna kandungan kafein pada game, facebook, dan youtube lebih sedikit jadi porsi main game harus lebih banyak dr porsi baca jurnal

3. Ditagih tulisan sama sensei itu artinya beliau perhatian, daripada dicueki.

4. Saat menulis paper, membuat kalimat pertama itu selalu susahnya minta ampun, coba aja mulai dengan menulis kalimat terakhir.

5. Kerja lembur di lab itu lebih baik daripada kepanasan saat summer atau kedinginan saat winter di rumah.

6. Disuruh revisi tulisan itu artinya kita disuruh membuat masa depan yang lebih gemilang.

7. Uang beasiswa kurang atau telat datang nya, syukuri saja. Kalau ga mau kurang atau telat yah jangan pake beasiswa. Gitu aja repot.

8. Deadline itu salah satu cara melihat semua potensi diri.

9. Jika kamu jenuh, jangan pernah cerita masalah penelitian kamu kepada orang lain, karna jangan sampai itu bisa jadi ide untuk sebuah penelitian baru. Ingat tiap lab kadang merahasiakan topik penelitian mereka.

10. Kalau kamu ditanya apa kebaruan dari penelitian kamu, jawab saja "saya baru saja melewati semua suka dukanya penelitian ini".

11. Setelah sekian lama penelitian namun tidak juga mendapatkan hasil, coba dicek jangan sampai kamu yang jadi objek penelitian.

12. Kalau ada yg nanya buat apa sekolah tinggi-tinggi tapi nanti gaji gitu2 saja, lah.. kita khan cari ilmu bukan cari uang. Kita punya cara yang beda untuk keren guys.

13. Kalau masih ada juga yang nanya untuk apa sekolah tinggi-tinggi, jawab saja karna tampan atau cantik saja tidak cukup.

14. Plagiat itu menandakan bahwa dirimu tidak unik.

15. The real tamasya bernuansa akademik itu bukan hanya fieldtrip atau praktek lapang, tapi pergi konference!

16. Selesai konference yang dishare ke sosmed bukan slide atau poster hasil penelitian yang berdampak bagi kemanusian, tapi foto lagi pegang mic yang seolah2 menjadi keynote speaker. Karna foto itu lebih mudah dimengerti dibandingkan gambar slide atau poster.

17. Setelah lulus trus pusing mau ngapain. Itu artinya penelitian yang kamu lakukan telah selesai 100%. Selamat!

18. Sudah tahun kedua tapi belum banyak data penelitian yang didapat? Tenang, pengalaman yang didapat tidak berbanding lurus dengan data. Data yang banyak memang bisa menghasilkan publikasi jurnal yang bagus, tapi pengalaman hidup yang banyak juga bisa menghasilkan publikasi dalam bentuk novel.

19. Di negara maju, menulis disertasi atau tesis itu tidak wajib, namun hanya sebuah pilihan, pilihan mau lulus atau tidak !. Gitu aja, simple.

20. Kalau malas datang menyerang, jangan tunda pekerjaan lab yang bisa dikerja besok.

21. Alasan saya sekolah di Jepang karena ada yang bilang tuntutlah ilmu sampai ke negeri NINJA.

22. Pagi hari sebelum berangkat ke kampus, jangan lupa sarapan yang banyak karena pura-pura bahagia selama penelitian itu butuh energi yang besar bro..!

Selamat sekolah...!.


1 comment:

  1. Whoa...masyaa Allah. semangat terus pak mappe. semoga Allah berikan kekuatan berkali-kali lipat untuk bertahan hingga akhir kekeke-XD Aamiin

    ReplyDelete