Kunjungan ke Unhas

Sekitar bulan Juni 2014 lima orang dosen dan Vice President Okayama Prefecture University (Okayama PU) mengunjungi kampus kami. Ini adalah kunjungan balasan setelah pada bulan April delegasi dari Unhas ke Jepang untuk menandatangani MoU dengan beberapa universitas di Jepang termasuk Okayama PU.

Pada waktu kunjungan mereka ke Unhas, saya dihubungi dari rektorat untuk ikut menerima mereka di ruang Rektor karena salah satu agenda mereka yaitu ingin mengunjungi fasilitas distance learning di GDLN.

Setelah diterima di ruang Rektor mereka langsung menuju ke GDLN dan Teaching Industri Unhas untuk melihat proses pengolahan kakao menjadi coklat batang. Selama menemani mereka melihat beberapa fasilitas yang dimiliki Unhas, saya banyak berbincang dengan Prof Hideyuki Ito mengenai penelitiannya. Orangnya sangat ramah, beliau adalah seorang Professor di bidang nutrisi. Kami sempat saling berkomunikasi melalui email, karena beliau sangat berminat untuk meneliti komponen bioaktif pada tanaman yang biasa dijadikan obat di Indonesia.

Kunjungan dari Okayama Prefecture ke GDLN Unhas
Beberapa bulan kemudian saya mendapat email dari Vice President Okayama Prefecture University, Mr. Junji Abe. Isinya merupakan kabar gembira dimana saya di request by name dan dua dosen dibidang Nurisi dan Keperawatan diundang ke Okayama PU untuk memberikan kuliah umum dan membicarakan beberapa peluang kerjasama lainnya.

Perjalanan ke Okayama

Setelah mengurus beberapa urusan administrasi seperti surat tugas dari Rektor dan visa, akhirnya saya beserta Prof. Nurpudji dan ibu Dr. Werna berangkat ke Okayama. Kami berangkat dari makassar tanggal 4 Januari, awalnya kami transit dulu di Jakarta dan berangkat menuju Osaka menggunakan pesawat Garuda Airlines yg berangkat pukul 23. Perjalanan Jakarta-Osaka kira-kira membutuhkan waktu selama 6,5 jam.

Bersama Ibu Dr. Werna dan Prof. Nurpudji
menunggu penerbangan ke Osaka
Setiba di Okayama kami dijemput oleh Mr. Yokota-san. Dialah yang mengatur jadwal dan perjalanan kami selama di Okayama. Dari Osaka ke Okayama kami menggunakan kereta api cepat Shinkansen. Iseng iseng saya mengukur kecepatannya menggunakan applikasi GPS di handphone saya rata-rata kecepatannya 240km/jam. tiba di okayama sekitar pukul 11 pagi dan langsung istirahat di Ana Hotel. Malamnya kami dijamu oleh dosen dan Vice President yang pernah datang ke Unhas.

Jamuan makan malam oleh delegasi Okayama PU
yang pernah ke Unhas

Memberikan kuliah umum

Suhu udara di Okayama waktu itu sekitar 5 derajat Celcius, kami cukup kedingan ketika Mr. Yokota-san menemani kami ke stasiun untuk menuju ke Okayama Prefecture University di Soja. Dari Stasiun Okayama kami menggunakan Kibi Line menuju stasiun Hattori yang letaknya sekitar 5 menit dari kampus Okayama PU.

Setiba di kampus, kami disambut oleh President Okayama Prefecture University, Prof. Tsuji dan beberapa Prof dari Fakultas Kesehatan termasuk Prof. Hideyuki Ito. Agenda kami selanjutnya yaitu memberikan kuliah umum. Pada hari kedua kami di Okayama Ibu Dr. Werna memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Department Nursing dengan tema Nursing in Indonesia. Di hari berikutnya giliran Saya dan Ibu Prof. Nurpudji memberikan kuliah umum kepada Mahasiswa Department Nutritional Science. Prof. Nurpudji memberikan materi kuliah dengan tema "Nutrition Challenges Toward 2015" sedangkan materi kuliah saya yaitu Resistant Starch as Prebiotic: The Journey of Starch.

Selain memberikan kuliah umum, Saya juga diundang untuk mengunjungi International Building untuk membicarakan mengenai rencana distance learning antara Unhas dan Okayama PU. Disini sempat miss communication, soalnya sy mengira besok pagi saya harus kembali lagi ke sana sehingga di esok harinya jadwal kami agak terganggu.

Ibu Dr. Werna Memberikan Kuliah Umum

Ibu Prof. Nurpudji memberikan Kuliah Umum

Sharing Ilmu mengenai Resistant Starch
Jamuan Makan Malam

Setiap malam kami dijamu makan malam oleh staf Dosen dari Department Nursing, Nutritional Science, dan di malam terakhir kami dijamu oleh President Okayama PU. Kami sangat merasakan kehangatan dan kekeluargaan orang Jepang saat jamuan makan malam. Saat kami dijamu oleh staf dosen Dept. Nursing kami satu persatu dipersilahkan untuk menyatakan resolusi di tahun 2015. Ms. Ph.D Inoue yang selalu menemani kami mengatakan ini adalah kebiasaan mereka dalam menyambut tahun baru. Diakhir acara makan malam ada semacam game kecil dimaba setiap orang akan mendapatkan hadiah sesuai dengan no yang terdapat di dalam origami burung yang terdapat di hadapan kami. Saya mendapat No. 1 dan berhak mendapatkan kado yang paling besar yang berisi semacam handuk kecil tang dibungkus sangat cantik.

Makan malam bersama staf dosen dari Nurse Department

Makan malam dengan Staf Dosen Dept. Nutritional Science
Selain memberikan kuliah umum, bersilaturahmi, dan membicarakan mengenai beberapa peluang kerjasama dibidang penelitian, distance learning, dan kemahasiswaan, kami juga sempat melakukan kunjungan ke dua tempat yang indah di Okayama yang saya tuliskan di tulisan saya yang lain.

Jelas ini adalah sebuah pengalaman kami yang sangat menyenangkan, semoga hal ini dapat mempererat hubungan antara kedua Universitas